Dosen TBI Siap Beri Pelatihan BIPA bagi Mahasiswa Asing dari Filipina dan Thailand

Surakarta, (12/7) – Dalam upaya untuk meningkatkan kerjasama dan pengalaman akademik, dosen Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di UIN Raden Mas Said Surakarta siap memberikan pelatihan bahasa Indonesia bagi Penutur Asing kepada mahasiswa asing yang berasal dari Filipina dan Thailand. Ada lima mahasiswa yang berasal dari Pondok Pesantren Al Munawaroh Davao Filipina dan tiga mahasiswa berasal dari Thailand. Program pelatihan ini akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa asing untuk memperluas pemahaman mereka tentang bahasa dan budaya Indonesia, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan masyarakat lokal.

Dr. Siti Isnaniah, M.Pd selaku ketua BIPA UIN Raden Mas Said Surakarta, menyatakan, “Kami sangat antusias menyambut mahasiswa asing dari Filipina dan Thailand untuk mengikuti pelatihan BIPA. Para mahasiswa akan melanjutkan studi di kampus UIN Raden Mas Said Surakarta melalui program beasiswa yang disalurkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Namun sebelum melaksanakan studi, para mahasiswa akan mendapatkan pembekalan atau pelatihan kemampuan berbahasa Indonesia, Studi keislaman di Indonesia, dan seputar kebudayaan Indonesia. Untuk itu, rapat ini diselenggarakan dalam rangka koordinasi persiapan para pengajar, materi dan jadwal sehingga nantinya pembelajaran akan berlangsung lancar. Kami yakin bahwa pemahaman tentang bahasa Indonesia dan budaya Indonesia akan memberikan manfaat yang signifikan dalam perjalanan akademik dan pribadi mereka di Indonesia.”

Pelatihan BIPA ini akan diselenggarakan oleh dosen-dosen berpengalaman dari Prodi TBI yang memiliki keahlian dalam mengajar bahasa Indonesia kepada penutur asing. Mereka akan memberikan pengajaran yang efektif dan interaktif, dengan fokus pada kelas keterampilan menyimak yang diampu oleh Sri Lestari, M.Pd dan Mokh. Yahya, M.Pd; kelas berbicara yang diampu oleh Dr. Elen Inderasari, M.Pd, dan Elita Ulfiana, M.A; kelas membaca oleh Dian Uswatun Hasanah, M.Pd dan Ika Martanti Mulyawati, M.Pd; kelas menulis oleh Endang Rahmawati, M,Pd dan Ferdi Arifin, M,A; kelas wawasan keindonesiaan diampu oleh Andi Wicaksono, M.Pd dan Sigit Arif Bowo, M.Pd; dan kelas Wawasan Keislaman yang diampu oleh Dr. Siti Isnaniah, M.Pd.

Pelatihan ini akan mencakup berbagai topik, termasuk pengenalan tentang sejarah, budaya, makanan, dan kehidupan sehari-hari di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan praktikum di luar kelas, seperti kunjungan ke tempat-tempat bersejarah dan kebudayaan.

Tentang Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) UIN Raden Mas Said Surakarta adalah program akademik yang bertujuan untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing. Program ini telah berjalan dengan sukses selama bertahun-tahun dan telah menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bahasa Indonesia dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya Indonesia.

#BIPARMSSurakarta