PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA GELAR KONSORSIUM KEILMUAN DOSEN DENGAN KAJIAN MODERASI BERAGAMA

Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBI) UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Konsorsium Keilmuan Dosen pada Senin, 13 Mei 2022 di Ruang Dosen Prodi TBI. Acara dibuka oleh Andi Wicaksono, M.Pd. selaku moderator dan dihadiri seluruh dosen Prodi TBI. Dian Uswatun Hasanah, M.Pd. selaku Koordinator Program Studi TBI menyatakan bahwa acara ini diadakan rutin setiap dua bulan sekali bergantian dengan jadwal kajian TBI. Konsorsium ini bertujuan mengembangkan keilmuan dosen TBI, khususnya ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, membagi keahlian dan keterampilan yang dimiliki masing-masing dosen, dan membentuk forum keilmuan yang mampu membantu dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan begitu, korprodi berharap dapat menciptakan iklim akademik yang berkualitas di lingkup Prodi TBI.

Narasumber pada konsorsium kali ini adalah Elen Inderasari, M.Pd. Beliau memaparkan hasil penelitiannnya mengenai “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Manajemen Kurikulum Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam”.

Peserta diskusi yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dengan topik penelitian yang disampaikan narasumber. Adapun output dari kegiatan ini, narasumber berharap supaya semua dosen pengampu MKWK Bahasa Indonesia di lingkup UIN Raden Mas Said Surakarta, bisa mengimplementasikan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam proses pembelajaran di kelas.